Daftar Kawah Terpopuler di Garut

shares

Kawah merupakan lubang dipermukaan bumi tempat keluarnya magma. Bisa berada dipuncak gunung (pada dasarnya gunung api tipe streo), bisa disamping tubuh (kawah parasiter pada gunung api strato), bisa hanya berupa rekahan (pada gunung api yang larvanya sangat encer) (gunung kilauwea). Karena di Garut merupakan tempat yang alami dan banyak di minati para wisatawan lokal maupun mancanegara, Garut tidak hanya terkenal dengan tiga pantai alaminya yang sangat indah, seperti Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, dan juga Pantai Sayang Helang. Tetapi Garut juga memiliki tiga kawah yang juga merupakan Tempat Wisata Garut yang memiliki keindahan yang luar biasa. Kawah-kawah yang ada di Garut sama seperti kawah pada umumnya. Namun, yang membuat kawah ini berbeda adalah kunjungan para wisatawan yang cukup banyak. Kawah-kawah tersebut diantaranya :

Kawah Gunung Papandayan

Salah satu Objek Wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di kabupaten Garut. Gunung tersebut merupakan gunung berapi yang masih aktif, rekor pertama meletus pada bulan agustus 1772, ketika itu memuntahkan berkubik-kubik material sejauh satu kilometer keudara, dengan menelan korban sebanyak 3000 orang dan menimbun 40 desa disekitar Gunung berapi tersebut. Di Kawah Papandayan terdapat sebuah Kawah ditengah kubah yang bernama Kawah Mas. Kawah tersebut bergemuruh seperti mesin Jet.

Dari puncaknya kita bisa melihat pemandangan yang indah yaitu kepulan asap belerang yang keluar dari mulut kawah. disekitar kawah udaranya cukup panas, untuk itu bawalah topi dan pelindung sinar matahari, bila anda pergi kelokasi tersebut.






Kawah Darajat

Semburan air panas yang keluar dari perut bumi dikawasan Kawah Darajat yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan, pipa-pipa baja yang besar silang menyilang dilahan itu. pipah baja tersebut, menyalurkan uap panas ke turbin Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Kawah Darajat mempunyai sejumlah kawah yan masih aktif dengan adanya letupan-letupan kecil disertai semburan air panas yang keluar dari mulut kawah. Jalan untuk menuju ke objek ini sangat baik karena terletak dikawasan perusahaan asing.

Jalan untuk menuju ke Kawasan Darajat memang sangat indah dan udaranya masih segar karena untuk menuju ke kawasan tersebut anda akan melewati beberapa tempat wisata lain seperti Darajat Pass dan Puncak darajat yang dimiliki oleh perusahaan asing.





Kawah Talaga Bodas 

Tempat yang sangat bagus untuk "Hiking" dan mengenal alam dari dekat (Nature Studies). Kawah Talaga Bodas sangat mempesona terutama karakteristik dari kawah ini berbentuk telaga dan merupakan proyek Eksploitasi Belerang. Objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan untuk berendam disumber mata air panas yang mengandung belerang sangat baik untuk kesehatan (menyembuhkan penyakit kulit). Pemandangan alam sekitarnya yang indah dipenuhi berbagai jenis tanaman dan pepohonan tropis yang mengagumkan.






Related Posts

0 comments:

Post a Comment