Kawah Darajat Garut Jawa Barat

shares

Kawah Darajat merupakan salah satu Tempat Wisata di Garut yang berupa pegunungan yang ada di Desa Padawaas Kecamatan Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Semburan air panas yang keluar dari perut bumi di kawasan Kawah Darajat yang di kelilingi banyak pepohonan yang tinggi dan besar akan terlihat mengesankan. Kawah Darajat memiliki pemandangan yang cukup indah karena lokasinya yang tidak cukup jauh dari tempat pariwisata kolam pemandian Darajat Pass dan Puncak Darajat. Tempat Wisata Kawah Darajat memang memiliki keistimewaan yang luar biasa karena selain dari tempatnya yang bersih, Kawah Darajat juga dikelilingi dengan pepohonan hijau yang masih terjaga alami dan masih asri. Pipa-pipa baja yang besar dan saling silang-menyilang antara pipa yang satu dengan yang lainya akan membuat orang-orang merasa terkesan.






Pipa-pipa yang ada di Kawah Darajat itu akan menyalurkan uap panas keturbin ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTP ). Kawah Darajat memiliki beberapa kawah yang masih aktif, itu terlihat dari letupan-letupan kecil dikawasan darajat dan air panas yang keluar dari dalam tanah kawasan tersebut.  Selain itu jalan untuk menuju ke kawasan Kawah Darajat memang masih sangat bagus, karena terletak di kawasan perusahaan asing. Diperjalanan menuju ke Kawah Darajat Garut juga anda dapat melihat pemandangan-pemandangan alami dan hamparan sawah yang luas. 

Saat ini PLTP Darajat dikelola oleh PT. Amoses Indonesia Inc. anak perusahaan Chevron Texaco yang merupakan pionir dalam proyek pengelolaan panas bumi. Dalam pengelolaan PLTP Darajat, Amoses bekerja sama dengan PT. Pertamina dan  PT. Perusahaan Listrik (PLN) melalui anak perusahaanya yaitu : Indonesia Power. Energi listrik yang dihasilkan oleh ketiga sumur itu cukup besar dan memenuhi pasokan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali.





 
Untuk menuju ke Kawah Darajat dari kawasan Darajat Pass dan Puncak Darajat anda tidak akan kesasar karena ada petunjuk berupa rambu-rambu yang menuju ke kawasan Kawah Darajat. Kawah Darajat merupakan barisan dari beberapa Gunung Papandayan yang mempunyai jenis gunung aktif dengan jumlah kawah dua buah serta 24 sumur uap yang di gunakan oleh pihak Amoses sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ).

Related Posts

0 comments:

Post a Comment