Lapangan Golf Ngamplang

shares

Lapangan Golf Ngamplang atau biasa disebut juga Golf Course Flamboyan merupakan salah satu objek Wisata di Garut yang tepatnya terletak di Jalan Raya Tasikmalaya Km 7, Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Tempat wisata ini adalah merupakan salah satu peninggalan sejarah bangsa kolonial belanda yang pada saat itu menguasai tanah ini.Sekarang kepemilikan tanah ini dipegang oleh oephankam dan pengelolanya berada di tangan korem 02 Tarumanegara.

Kawasan ini memang sangatlah luas, hingga luas keseluruhan tempat ini dapat mencapai 27 Hektar. Memiliki area terbangun hingga 25 Hektar dan 2 Hektar lagi merupakan area terbuka. Tempat ini juga cukup baik, bahkan bisa disebut sangatlah indah, cocok untuk bersantai anda. Selain itu, aktivitas lain yang biasa dilakukan wisatawan di tempat ini pada umumnya berupa aktivitas olahraga. Tapi banyak juga wisatawan asing yang datang ke tempat ini seperti wisatawan belanda dan selalu di pakai untuk bernostalgia mengingat lapangan ini dalam sejarahnya merupakan milik pemerintahan Belanda.







Dari kawasan dikaki Gunung Cikuray inilah sebutan " Swiss Van Java " muncul. Karena dari tempat bernama ngamplang ini kota Garut terlihat jelas dengan dikelilingi banyak pegunungan layaknya kota-kota yang berada di Swiss yang juga di kelilingi pegunungan.

Dari Ngamplang, Sungai Cimanuk tampak meliuk membelah kota Garut, seperti sungai area yang membelah kota Swiss,.Dari tampat wisata inilah anda dapat juga melihat dengan jelas Tempat Wisata lain yang ada di kota Garut seperti Gunung Papandayan, Kawah talaga Bodas, Gunung Guntur serta Gunung Sadaphurip yang yang terkenal dengan sebutan Gunung Piramida.







Banyak warga eropa yang datang ketempat ini untuk menginap, karena pambangunan sanotarium atau penyembuhan penyakit khusus dan sebuah hotel Ngamplang yang didirikan bangsa kolonial Belanda. Dan Sejak itulah Garut menjadi tempat wisata favorit warga eropa. Bahkan aktor komedi Charlie Chaplin   telah tercatat dua kali mengunjungi kota Garut dan menginap di Grand Hotel Ngamplang. Selain itu, dia juga mengunjungi Situ Baggendit dan Cipanas, kemudian melanjutkan perjalananya dengan berkunjung ke Gunung Papandayan.



Banyak wisatawan lokal asal Garut, Tasik Malaya, Bandung, Jakarta, Karawang, dan daerah lainya sering mendatangi ngamplang hanya untuk bermain golf di tempat ini, khusuunya pada akhir pekan. Selain itu, para wisatawan Asing juga seperti warga korea, Jepang, Belanda Dan Australia, katanya sangat menikmati permainan golf di Ngamplang.




Salah satu daya tarik utama dari lapangan Gof ngamplang bagi wisatawan asing adalah medannya yang menantang karena banyak yang miring. Mereka sangat menikmati kota Garut, apalagi dengan menaiki menara air, selain udaranya yang sangat bersih, sejuk juga banyak burung yang berkicau dipepohonan yang rimbun.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment