Beberapa Olahan Makanan Khas Rumah Makan Cibiuk

shares

Rumah Makan Cibiuk adalah salah satu rumah makan yang berada di kota Garut Jawa Barat dengan berkonsepkan  suasana khas sunda. Itu dapat terlihat ketika anda memasuki kawasan tempat ini. Begitu anda masuk anda akan disuguhkan dengan panorama kesederhanaan sunda dengan tempat-tempat yang disesuaikan dengan keadaan seperti layaknya dirumah-rumah di pedesaan. Memang tempat wisata di Garut baik rumah makan ataupun penginapan (Bungalow) banyak yang menyajikan tema ber khas sunda dan Rumah Makan Cibiuk ini adalah salah satunya, ada juga Rumah Makan Dapur Setia Kawan. Namun yang membedakan Rumah Makan Cibiuk ini adalah makanan khasnya yang terkenal yaitu sambal / Sambal Ala Cibiuk






Memasuki tempat ini, anda dapat melihat beberapa pondokan yang memang dikhususkan untuk para tamu yang datang yaitu duduk lesehan saat makan. Dengan atapnya yang terbuat dari daun jerami kering dan dingding terbuat dari bilik serta dari beberapa lukisan yang ditempel dengan bergambarkan sawah-sawah yang sangat luas dan rumah-rumah sederhana para paenduduk.

Ketika anda sedang makan di Cibiuk ini, anda dapat membayangkan jika anda sedang bersantap di pedesaan yang dikelilingi pesawahan. Rumah Makan Cibiuk sebenarnya memiliki beberapa cabang yang benar-benar asli Garut. Rumah makan ini sangat terkenal dengan sambalnya dan merupakan salah satu kegemaran warga kota Garut.

Bahkan ketika anda masuk kekawasan rumah makan ini anda langsung dihadapkan dengan tulisan "Sambal Ala Cibiuk." Selain tempat duduk lesehan, ada juga tempat duduk santai di kursi atau meja apik bagi anda yang tidak suka lesehan. Hidangan Nasi yang selalu siap disajikan ditempat ini adalah Nasi Bakar, Nasi Tutung Oncom, Nasi Timbel, dan juga disediakan Nasi Timbel Beras Merah.





Beberapa makanan yang dapat anda temukan di rumah makan ini antara lain gepuk, dan pepes ikan mas, plus pepes tahu, jamur, yang rasanya wajib dimakan bersama "cocolan" sambal khas Restouran Cibiuk. Selain itu, menu utama dan sekaligus makanan khas Rumah Makan Cibiuk ini adalah Ikan Gurame yang menjadi menu andalan tempat ini, ikan gurame dapat disajikan dengan cara digoreng kipas atau dibakar.

Ada juga pepes peda yang banyak disukai para pengunjung, menu unik yang ada di tempat ini Tumis Genjer Oncom, namun daun genjer mungkin jarang dijadikan olahan tapi anda dapat menikmatinya sesekali ketika anda memesanya terlebih dahulu. Sayur asem dapat dijadikan pilihan ketika anda menginginkan makanan yang berkuah.





Masih ada sambal goreng, Sambal mangga, dan seterusnya. Berbagai sambal boleh diambil sepuasnya disaung yang dijuluki "lapak sambal". sambal yang bercikal bakal dikecamatan Cibiuk (21 Kilometer ditempuh dari kota Garut) ini berbeda dengan sambal-sambal lainya karena dibuat dari bahan serta bumbu-bumbu pilihan. Untuk penutup, es durian khas Cibiuk menjadi pilihan yang sangat pas, dijamin maknyuss. selamat mencoba...!!



Related Posts

0 comments:

Post a Comment