Kawah Talaga Bodas

shares

Kawah Talaga Bodas merupakan Tempat Wisata di Garut yang romantis pilihan pemandu wisata terbaik HdG Trip Planner & Tour Organizer serta satu-satunya agen travel terpercaya lokal CV Hotel di Garut, salah satu object wisata di Kabupaten Garut yang masih tetap menaruh keindahan tersembunyi yaitu Kawah Talaga Bodas. Object wisata satu ini memanglah menyuguhkan pemandangan alam yang demikian cantik. Nama Talaga Bodas sendiri memiliki kandungan arti Telaga Putih, lantaran memanglah telaga ini berwarna putih kehijauan. Bila anda pernah bertandang ke Kawah Putih di Ciwidey Bandung, Kawah Talaga Bodas ini mirip-mirip seperti Kawah Putih Ciwidey. Warna putih Kawah Talaga Bodas karena airnya yang memiliki kandungan kandungan belerang yang cukup tinggi.





Mega silih bertukar bentuk di atas birunya kawah. Semilir angin membawa aroma kawah. Dikelilingi bukit-bukit dengan pohon-pohon tropis yang mempesona. Sesekali terdengar sahutan burung-burung serta gemercik air kawah. Pesona Talaga bodas sore itu sungguh sangatlah romantis.

Talaga dalam Bhs Sunda bermakna telaga atau kawah sedang bodas bermakna putih. Hingga Talaga Bodas dapat disimpulkan Telaga berwarna Putih. Talaga Bodas berjarak 19, 5 km dari pusat Kota Garut, Jawa Barat. Talaga Bodas bukan sekedar menghidangkan panorama yang indah. Di sini pengunjung dapat berendam nikmati air panas alami dengan cara gratis sembari bersihkan diri memakai belerang.


Untuk meraih ke sini pengunjung dapat memakai angkutan umum dari pusat Kota Garut menuju Wanaraja lalu memakai ojek sampai lokasi Taman Wisata Alam Talaga Bodas. Di perjalanan menuju Kawah Talaga Bodas bakal tampak Gunung Sadahurip atau Gunung Piramida yang eksotis. Pesona Talaga Bodas salah satu Tempat Wisata yang harus dikunjungi bila liburan ke Garut.

Kawah Talaga Bodas ada di Gunung Talaga Bodas dengan ketinggian kawah 1512 mdpl, sedang Gunung Talaga Bodas sendiri memliki ketinggian hingga 2201 mdpl. Talaga Bodas berlokasi di perbatasan pada Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya, atau berbatasan dengan Kecamatan Pangatikan serta Kecamatan Wanaraja. Atau berjarak seputar 28 km dari pusat Kota Garut.

Akses menuju Kawah Talaga Bodas memanglah cukup menyusahkan lantaran jalan yang sempit serta sebagian akses jalan yang telah rusak. Bila anda start dari Kota Jakarta atau Bandung, anda dapat mengambil rute perjalanan Jakarta/Bandung – Garut – Wanaraja. Atau dapat pula mengambil jalur Jakarta/Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja. Perjalanan menuju Kawah Talaga Bodas dapat memakai kendaraan roda dua ataupun roda empat. Bila anda telah tiba di pasar Wanaraja, anda dapat ajukan pertanyaan ke masyarakat setempat jalur menuju ke Talaga Bodas lantaran memanglah tak ada papan panduan ke obyek wisata itu. Sepanjang perjalanan menuju Kawah Talaga Bodas, anda bakal ditemani panorama perbukitan serta perkebunan masyarakat yang menyejukkan situasi hati.

Perjalanan panjang serta menyusahkan anda bakal selesai saat anda telah tiba di pintu masuk Kawah Talaga Bodas. Harga ticket masuk cuma Rp 5000, untuk ruang parkir juga telah disiapkan. Dari ruang parkir ini, anda mesti jalan kaki menuju Kawah Telaga Bodas lebih kurang 200 mtr.. Anggap saja olah raga saat sebelum anda nikmati keindahan Kawah Telaga Bodas yang sebenarnya.

Sesampainya di depan kawah, anda bakal di buat takjub dengan keindahan Kawah Talaga Bodas ini. Warna biru kehijauan, dengan latar belakang perbukitan serta Gunung Talaga Bodas, sungguh situasi yang demikian cantik. Anda dapat berkeliling menyusuri kawah untuk nikmati kecantikan Kawah Telaga Bodas di tiap-tiap titik nya. Disini juga ada kolam pemandian air panas yang dapat anda nikmati dengan cara gratis. Sebatas untuk relaksasi sesudah lelah dengan perjalanan jauh anda.

Bagian-bagian kawah juga mununjukkan ada yang masih tetap aktif, ditandai dengan keluarnya asap dari dalam kawah. Bila mau berfoto berbarengan keluarga atau rekan, anda dapat berfoto diatas perbukitan, tepatnya diatas kawah aktif. Di sini yaitu spot yang pas untuk mengambil photo. Namun hati-hati bila ada di dekat kawah aktif, lantaran hembusan gas/uapnya dapat meraih suhu 85 – 95 derajat Celcius.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment