Kebakaran Gunung Cikuray berhasil dipadamkan FK3I

shares

Alhamdulillah kejadian Gunung Cikuray Terbakar tidak merembet lebih luas lagi, hanya sekitar seluas 2,35 Ha setelah (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia) FK3I Wanakumbara dibawah koordinasi King Muhammad dan masyarakat sekitar bahu membahu memadamkan api yang berkobar di sekitar lokasi kejadian.



Lahan hutan lindung di kawasan Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar, siang ini. Kobaran api di lahan hutan itu baru diketahui sekitar pukul 14.00 WIB. "Kejadiannya tadi siang, penyebabnya tidak tahu," kata Petugas Penjaga Tower Puncak Cikuray, Wildan, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Rabu (23/9/2015).

Wildan mengatakan, kobaran api di hutan lindung perhutani tersebut mulai mendekati kawasan tower pemancar televisi lokal maupun nasional. "Ya mulai mendekati kawasan pemancar," ujar dia. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Zakaria membenarkan ada kebakaran di kawasan hutan Gunung Cikuray Garut.

Pihaknya telah menerjunkan sejumlah petugas untuk berupaya memadamkan api agar tidak terus meluas. "Ya ada api di atas, sekarang lagi diusahakan pemadaman," kata Dadi.

Kebakaran hutan bukan hanya melanda kawasan Gunung Cikuray melainkan pernah terjadi di Gunung Papandayan dan Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Peristiwa kebakaran itu terjadi berulangkali sejak memasuki musim kemarau.

Petugas berwenang belum memastikan penyebab utama kebakaran hutan di Garut, namun dugaan sementara akibat perbuatan manusian yang membuang puntung rokok sembarangan, serta api dari sisa aktivitas orang yang berkemah.

Semoga ke depannya semua pihak bisa berkoordinasi dan bekerja sama sehingga kejadian serupa tidak terus terulang dan menjadi agenda tahunan yang selalu hadir di depan mata kita.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment