Pengalaman Pertama jadi Guide Kampung Sampireun Garut : Mpie Supriatna

shares

Wisata Kampung Sampireun  berlokasi di desa ciparay nggak jauh dari tempat tinggal saya tapi  "saumur nyuyuhun hulu" alias seumur hidup, baru kali ini saya bisa memasuki kawasan Kampung Sampireun Garut tepatnya hari kamis tanggal 15 Oktober 2015, sungguh pengalaman yang mungkin mudah terlewatkan tapi tak akan bisa terlupakan, karena saat itu saya diajak menjadi salah satu guide / pendamping wisata oleh HDG Team Trip Planer & Event Organizer salah satu E.O terbaik di kota Garut.

Kalau di Waterboom Air Panas Darajat Pass, saya biasanya berjalan tegak dan PD, kali ini baru memasuki area parkir Kampung Sampireun saja dada saya sudah berdegup kencang dan deg-deg'an, saat melewati lobby kampung sampireun mata saya hanya tertuju pada tanah yang akan dipijak berjalan menunduk sambil menelepon salah satu teman dari HdG Team yaitu Hari Mukti. Mungkin gaya saya seperti ini layak mendapat ledekan dari Abab "Empie alias Ubed seperti Banteng di Kampung Sendiri (Darajat) tapi jadi Kambing di Kampung Orang (Kampung Sampireun)" :D




Sebetulnya saya dan teman-teman lebih cocok disebut pendamping wisata dan bukan sekadar guide atau pemandu wisata, karena saya datang kesini mewakili salah satu dari sedulur HdG Team Trip Planner yang sedang menyelenggarakan Outing P.T Kasana Teknindo Gemilang selama 2 malam 3 hari. Kami bukan hanya memandu dan menjadi Garut Tour Guide akan tetapi menyiapkan segala keperluan dan konsep acara bagi beberapa perusahaan yang akan melaksanakan Family Gathering di Garut.

Jadi kurang tepat kalau kami disebut Guide, dikarenakan sebetulnya HdG Team dan seluruh crew dibawah naungan CV Hotel di Garut adalah konsumennya Guide dan pemandu wisata di Garut, sayangnya di Kabupaten Garut belum ada pemandu wisata yang paham hampir semua tempat wisata di Garut, mayoritas hanya fokus di lokasi rekreasi masing-masing atau dalam bahasa kampungnya "jago kandang" dan agak kesulitan kalau harus mendampingi wisatawan dan berbagai keperluannya dari hulu ke hilir.

Oleh karena itu dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini kami dan teman-teman digembleng dalam komunitas HdG Team Trip Planner untuk bisa bekerja di berbagai medan dan lapangan sebagai pendamping wisata Garut.  Dengan segala kekurangan dan keterbatasannya yang kami miliki, kami mencoba  membuat kaos, dress code, kemeja dan property lainnya dari dana swadaya tanpa meminta belas kasihan kepada vendor atau beberapa tempat wisata yang biasa kami kirimi tamu.

Alhamdulillah berkat bantuan CV Hotel di Garut, saya sebagai mantan orang yang mencari sesuap nasi dijalanan mulai bisa beradaptasi dan belajar banyak dari pengalaman untuk bisa menjadi salah satu bagian dalam ikut mendukung kemajuan sektor pariwisata di kota Garut.


Pada hari kamis tanggal 15 oktober 2015 Kampung Sampireun  yang sejuk dengan suasana gunung serta danau yang damai menjadi ramai riuh dengan kedatangan tamu sekitar 160 orang dari PT.KASANA jakarta yang akan meninap selama 2 malam di Kampung Sampireun  HDG team pun langsung bergerak menyambut kedatangan tamu di F.O Kampung Sampireun.

Setelah semua tamu berkumpul di F.O HDG team pun langsung mengarahkan tamu ke restaurant Kampung Sampireun  untuk menyantap makan siang yang sudah di siapkan oleh pihak restaurant Kampung Sampireun  setelah selesai makan siang langsung pembagian kunci resort yang di serahkan oleh HDG team kepada masing-masing ketua kamar nya untuk bergegas mengganti baju karena akan di laksanakan fun game.
























Kurang lebih 15 menit HDG team pun langsung mengarahkan seluruh tamu PT.KASANA ke lapangan fun game dan keseruan pun mulai dirasakan oleh para tamu saat di mulai fun game yang di pimpin oleh master game kang Roni Kasiman alias Abu Mugni Aulia, pastinya dari HDG team dan dibantu oleh para guide-guide HDG termasuk saya beberapa pertandingan pun di hadirkan di Kampung Sampireun  oleh HDG team dari mulai tes kekompakan,volly boom, balap dayung dll.

Suasana Kampung Sampireun  pun mendadak menjadi ramai riuh dan para tamu dari P.T. KASANA pun seperti terhipnotis oleh acara fun game yang sudah di siap kan oleh HDG team, rasa capek dari perjalanan pun seperti hilang karena keseruan yang di dapat dengan kepropesional HDG team yang selalu siap memberikan kenyamanan untuk tamu yang berwisata ke kota Garut.





Setelah semua game selesai dan ada beberapa juara grup semua peserta dari P.T. Kasana pun di persilahkan untuk kembali ke kamarnya masing-masing untuk mempersiapkan makan malam dan melakukan meeting perusahaan,setelah jam 7 malam semua guide HDG pun sweeping ke kamar-kamar untuk mengarahkan seluruh tamu ke restaurant Kampung Sampireun  untuk menyantap makan malam serta meeting perusahaan, kurang lebih jam 10 malam acara pun selesai dan para tamu pun dipersilahkan memasuki kamar untuk beristirahat karena besok hari akan ada acara ke darajat pass.

Pada hari pertama mungkin saya masih celenga celengo kata orang sunda mah, melihat kekompakkan team sungguh sangat luar biasa memberi pelayanan kepada tamu yang cukup banyak tapi bisa membuat tamu enjoy datang ke Kampung Sampireun Garut dari mulai guide / pendamping wisata yang senior sampai yang baru belajar seperti saya.


Catatan Pengalaman Mantan Anak Jalanan Mpie Supriatna alias Ubed : Freelance di beberapa Tempat Wisata di Garut , Seorang Bapak dari dua anak yang mencoba belajar lebih sering mendengar dan melihat daripada berbicara dan menjilat, Mencoba berdiri di kaki sendiri tanpa lisensi, learning by doing tanpa keseringan briefing atau meeting ... Sekolah Tanpa Kelas Lulus Tanpa Ijazah di Universitas Kehidupan bersama teman-teman HdG Team, Pusat Oleh-oleh Khas Garut SBR dan Darajat Pass Water Park.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment