Situ Cibeureum : Area Bumi Perkemahan di Garut

shares

Situ Cibeureum Samarang Garut memang sudah sangat sering HdG Team dengar, akan tetapi pentolan HdG Team selama ini sudah puluhan bahkan mungkin ratusan kali berkunjung ke Kampung Sampireun dan juga sangat sering jalan-jalan ke Desa Wisata Saung Ciburial ataupun mencoba menikmati tempat wisata di Garut, Kebun Mawar Situhapa ataupun Kawah Kamojang akan tetapi belum sempat mengetahui secara detail tentang Situ Cibeureum yang sering terlewati dan dekat dengan lokasi rekreasi yang kami sebut tadi. 


Situ Cibeureum Garut adalah danau di daerah Samarang, yang mempunyai sebagian tingkatan sesuai sama ketinggian tempatnya. Sekarang ini danau yang telah berperan baru pada tingkatan paling rendah, sedang dua tingkatan diatasnya masih juga dalam step pembersihan dari semak belukar serta pengembalian tanah. Selama ini potensi yang sudah digunakan yaitu Perkemahan di sekitar danau yang bisa menyimpan + 100 orang.

Daya tarik dari Lokasi Situ Cibeureum ini yaitu ada Camping Ground di Garut, Trek Downhill Mountain Bike, serta Panorama Alamnya yang asri. Diluar itu, disini dapat juga di bangun suatu ekowisata yang mendidik perihal sistem sadapan getah pinus, sistem pemanenan tanaman kopi, serta pembuatan persemaian kayu. Kerapkali sekolah-sekolah lokal di Garut mengadakan acara Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) di lokasi ini.

Lokasi wisata Situ Cibeureum ada di petak 21 serta 23 Resort Pemangkuan Rimba (RPH) Tarogong BKPH Leles, tempat itu dikelilingi oleh rimba alam serta rimba pinus. Tempatnya relatif dekat dengan obyek wisata yang lain, seperti tempat Konservasi Elang Jawa yang dikelola BKSDA. Dilokasi ini ada 7 buah situ (danau) walau demikian yang baru dikerjakan pembukaan baru 2 tempat situ.

Sekarang ini, Situ Cibeureum tengah dibenahi, mulai dengan akses jalan yang semula sangatlah jelek, saat ini bisa dilewati dengan relatif lebih gampang. Untuk meraih Situ Cibeureum, Travelmate dapat mengambil jalur menuju Kawah Kamojang. Di Arboretum, ambil jalan ke kanan (bila dari arah Garut). Jalan desa beraspal saat ini bisa dengan gampang dijangkau dengan kendaraan Roda 2 serta Roda 4 dan roda 6. Jalur alternatif dari Bandung yaitu dengan mengambil jalan Banjaran Paseh ke Kamojang.

Belum banyak sarana penunjang wisatawan disini, lantaran Situ ini baru bakal di kembangkan jadi lokasi wisata.

Lokasi Administratif :
Desa Sukakarya Kecamatan Samarang Garut
Jarak Tempuh (perkiraan) :
Bandung- Banjaran – Pacet – Garut – tempat = 50 Km
Bandung – Nagrek – Garut – tempat = 60 Km
Garut – tempat = 20 Km

Sarana yang ada :
Areal Camping, Ruang Pemancingan, Ruang Susur Rimba, Shelter, Toilet, Pos Jagalah. Saat ini salah satu Travel terpercaya dan paling berpengalaman menggiring berbagai rombongan outing dan gathering untuk mencoba berlibur di beberapa tempat wisata di Garut, CV Hotel di Garut yang merupakan garda terdepan promosi dan sosialisasi beberapa lokasi rekreasi di Garut mulai bekerja sama dengan beberapa backpacker dan sedulur FK3I untuk mendorong eko wisata di beberapa lokasi yang dikira layak di sekitar kabupaten Garut salah satunya di beberapa titik sekitar Situ Cibeureum Garut.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment