Kabupaten Garut

shares

Kabupaten Garut, yaitu suatu Kabupaten di Propinsi Jawa Barat, Indonesia,yang memiliki banyak Tempat Wisata di Garut. Ibukotanya yaitu Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Bandung di barat. Histori Garut tidak dapat dilepaskan dari Kabupaten Limbangan. Kabupaten Limbangan yaitu Kabupaten lama yang ibukotanya dipindahkan ke Garut saat ini lantaran kerapkali berlangsung bencana alam berbentuk banjir yang menempa daerah ibukota. Diluar itu, kurang berkembangnya pusat pemerintahan lantaran jauh dari sungai sebagai fasilitas transportasi serta irigasi areal pesawahan serta perkebunan. 


Bupati Adiwijaya (1813-1831) membuat panitia survey tempat untuk ibukota kabupaten yang baru. Pilihan pada akhirnya jatuh ditempat yang dikelilingi gunung serta mempunyai mata air yang mengalir ke Ci Manuk. Tempat itu berjarak ± 17 km dari pusat kota lama. Waktu temukan mata air, seseorang panitia kakarut (bhs sunda : tergores) belukar. Orang Belanda yang turut survey tidak bisa menirukan kata tadi, serta menyebutnya gagarut. Awal mulanya, nama kabupaten yang ibukotanya sudah dipindahkan akan tidak dirubah, masih tetap Kabupaten Limbangan. Tetapi, atas anjuran sesepuh sebaiknya nama kabupaten ditukar dengan nama baru hingga tak menyebabkan bencana serta petaka masa datang seperti yang kerap menerpa kabupaten Limbangan. Dari peristiwa kakarut itu, yang di lafalkan oleh orang Belanda dengan gagarut, nampaklah nama kebupaten baru, Garut. Hari jadi Garut diperingati tiap-tiap tanggal 16 Februari.

Beberapa besar lokasi kabupaten ini yaitu pegunungan, terkecuali di beberapa pantai selatan berbentuk dataran rendah yang sempit. Diantara gunung-gunung di Garut yaitu : Gunung Papandayan (2. 262 m) serta Gunung Guntur (2. 249 m), keduanya terdapat di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, dan Gunung Cikuray (2. 821 m) di selatan kota Garut.



Kabupaten Garut terdapat di Propinsi Jawa Barat sisi Tenggara pada koordinat 6º56'49 - 7 º45'00 Lintang Selatan serta 107º25'8 - 108º7'30 Bujur Timur. Kabupaten Garut mempunyai luas lokasi administratif sebesar 306. 519 Ha (3. 065, 19 km²) dengan batas-batas seperti berikut :
Utara Kabupaten Bandung serta Kabupaten Sumedang
Selatan Samudera Hindia
Barat Kabupaten Bandung serta Kabupaten Cianjur
Timur Kabupaten Tasikmalaya

Kabupaten Garut yang dengan cara geografis berdekatan dengan Kota Bandung juga sebagai ibukota propinsi Jawa Barat, adalah daerah penyangga serta hinterland untuk pengembangan lokasi Bandung Raya. Oleh karenanya, Kabupaten Garut memiliki kedudukan strategis dalam memasok keperluan warga Kota serta Kabupaten Bandung, sekalian bertindak didalam ingindalian keseimbangan lingkungan.
Iklim serta cuaca

Pada umumnya iklim di lokasi Kabupaten Garut bisa dikatagorikan juga sebagai daerah beriklim tropis basah (humid tropical climate) lantaran termasuk juga type Af hingga Am dari " klasifikasi iklim Koppen ". Berdasar pada studi data sekunder, iklim serta cuaca di daerah Kabupaten Garut di pengaruhi oleh tiga aspek terpenting, yakni pola aliran angin musiman (monsoonal circulation pattern), topografi regional yang bergunung-gunung dibagian tengah Jawa Barat ; serta elevasi topografi di Bandung. Curah hujan rata-rata tahunan di seputar Garut sekitar pada 2. 589 mm dengan bln. basah 9 bln. serta bln. kering 3 bln., sedang di sekitar daerah pegunungan meraih 3500-4000 mm. Variasi temperatur bulanan sekitar pada 24 °C - 27 °C. Besaran angka penguap keringatan (evapotranspirasi) menurut Iwaco-Waseco (1991) yaitu 1572 mm/th..

Sepanjang musim hujan, dengan cara terus bertiup angin dari Barat Laut yang membawa hawa basah dari Laut Cina Selatan serta sisi barat Laut Jawa. Pada musim kemarau, bertiup angin kering bertemperatur relatif tinggi dari arah Australia yang terdapat di tenggara.

Bentang alam Kabupaten Garut Sisi Utara terbagi dalam atas dua aransemen bentang alam, yakni : dataran serta cekungan antar gunung berupa tapal kuda buka ke arah utara,  rangkaian-rangkaian gunung api aktif yang melingkari dataran serta cekungan antar gunung, seperti komplek G. Guntur - G. Haruman - G. Kamojang di samping barat, G. Papandayan - G. Cikuray di samping selatan tenggara, serta G. Cikuray - G. Talagabodas - G. Galunggung di samping timur. Bentang alam di samping Selatan terbagi dalam dataran serta hamparan pesisir pantai dengan garis pantai selama 80 km.

Untuk info Wisata di Garut dapat dilihat dalam Daftar Tempat Wisata di Garut.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment